Badai Matahari

December 9, 2009 at 10:13 am (1)

Begitu banyak e-mail yang masuk yang ingin sekali artikel tentang badai matahari termasuk grup Believe it or not(misteri dunia) di facebook.Sceara pribadi saya belum mengetahui secara detail apa itu badai matahari?mohon di maklumi saya masih pelajar yang perlu banyak lagi belajar…akan tetapai saya akan memberikan informasi tentang badai matahari yang saya kutip dari okezone


Bencana besar akan terjadi. Solar badai akan menghantam bumi dalam waktu dekat. Ketika badai menghantam, semua peralatan listrik dapat mengalami kerusakan dan orang-orang kembali ke zaman kegelapan.

Laporan edisi terbaru New Scientist disebut, ancaman bukanlah skenario ilmiah satu di antara sejuta. Namun ancaman sangat nyata, dan akan terjadi pada bulan September 2012. Kuat solar badai pernah terjadi pada pagi hari tanggal 1 September 1859.
Astronom Inggris terkenal Richard Carrington yang sedang mengamati matahari, menemukan permukaan matahari terjadi hal yang tidak biasa. Cahaya terang dari permukaan matahari. Cahaya yang membentuk benjolan besar dalam perjalanan ke Bumi. Dalam waktu 48 jam dan kemudian mulai memukul dan efeknya luar biasa.
Sebelum mencapai bumi, aurora muncul lebih cerah di langit malam. Begitu terang, orang bisa membaca koran di tengah malam. Di California sekelompok penambang bangun dari tempat tidur, berpikir itu berturut-turut. Kemudian baru 2-jam pagi.

Operator telegraf terkena sengatan lisrik, ketika badai menghantam matahari.
Bumi seperti mencuci medan listrik yang sangat besar. Tetapi pada saat pemulihan berlangsung sangat cepat.
Pada tahun 1859, peralatan yang ada adalah mesin uap dan kekuatan otot. Tapi di zaman modern sekarang, semua kehidupan adalah ditopang oleh listrik. Sedangkan solar badai dapat menyebabkan daya lisrik miliaran lonjatan watt.
Bahkan lebih berbahaya trafo listrik yang berubah menjadi ribuah rumah tangga volt 220v akan meledak. Ribuan transformer akan rusak di semua negara.
Tanpa listrik, dunia dapat mengalami kegelapan. Persediaan air bersih yang menggunakan listrik akan berhenti. Komunikasi global akan rusak. Badai matahari juga dapat merusak jaringan GPS satelit bahwa semua penerbangan tergantung padanya.

Ketika badai ke bumi, akan mulai aurora paling spektakuler. Tetapi dalam waktu singkat kemudian, cahaya akan mencapai tanah dan listrik keluar. Selain semua jaringan telepon dan Internet akan dapat dipadamkan. Begitu juga darat dan TV kehilangan sinyal satelit.

Jadi jika badai solar bisa benar-benar terjadi, dan mengapa kita perlu khawatir tentang tahun 2012? Badai matahari pertama yang pernah terjadi pada tahun 1859. 20 tahun yang lalu pada badai yang sangat kecil yang mengetuk pintu keluar litrik kekuasaan di timur laut Kanada dan membuat jutaan orang tanpa listrik. Ilmuwan juga menghitung naik dan turun aktivitas matahari terjadi selama 11 tahun masa tenggang.

Saat ini matahari sedang sepi. Namun, puncak maksimum atau aktivitas matahari, diperkirakan terjadi pada tahun 2012. Super badai kemungkinan akan menyerang pada musim gugur, karena medan magnet bumi orientasi ke matahari membuat sangat berbahaya.

Jadi apa yang dapat dilakukan untuk mencegahnya? Pembangkit listrik cadangan harus siap. Selain satelit baru juga harus diluncurkan untuk mengamati apa yang terjadi di bawah matahari.
Tapi mungkin, solar tidak terjadi badai pada tahun 2012. Tetapi akan kembali ke 2023 solar rentan karena siklus maksimum diulang lagi. Cepat atau lambat, badai pasti akan terjadi. Mungkin kita harus menetapkan sebuah lilin, jika akhirnya listrik untuk sementara tidak tersedia

(Okezone.com)

Sekarang beri komentar kalian!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: